PUSAT PELAYANAN STATISTIK

TUGAS POKOK

Melaksanakan penyusunan, pengembangan, pemeliharaan dan penyajian data, informasi dan Statistik Sektoral.

FUNGSI

  1. penyusunan rencana strategis dan rencana kerja anggaran Pusat Pelayanan Statistik;
  2. pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Pusat Pelayanan Statistik;
  3. penyusunan pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria Pusat Pelayanan Statistik;
  4. pengkajian dan penyusunan kebijakan statistik pemerintah daerah;
  5. pengkoordinasian kegiatan statistik daerah;
  6. penetapan dan penyelenggaraan statistik dasar pemerintah daerah;
  7. penyelenggaraan pengumpulan data dan informasi melalui survei dan jajak pendapattentang program dan kinerja pemerintah daerah;
  8. penetapan, pengukuran dan penyajian statistik pemerintahan daerah;
  9. penghimpunan, pengolahan, penganalisisan dan penyajian statistik daerah;
  10. pemeliharaan dan pengembangan statistik daerah;
  11. pelaksanaan analisis dan pengkajian data dan informasi statistik pendukung pembangunan daerah;
  12. pembinaan dan fasilitasi terhadap SKPD/UKPD dalam kegiatan statistik;
  13. pelaksanaan kerja sama dengan SKPD/UKPD dan/atau instansi pemerintah/swasta terkait perencanaan, pengelolaan dan pengembangan statistik;
  14. pengelolaan kepegawaian, keuangan dan barang Pusat Pelayanan Statistik;
  15. pengelolaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan Pusat Pelayanan Statistik;
  16. pengelolaan kearsipan, data dan informasi Pusat Pelayanan Statistik;
  17. pengelolaan prasarana dan sarana Pusat Pelayanan Statistik;
  18. pelaksanaan publikasi kegiatan dan pengaturan acara Pusat Pelayanan Statistik; dan
  19. pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Pusat Pelayanan Statistik.