BIDANG OPERASI DAN PENGELOLAAN PUSAT DATA

TUGAS POKOK

Menyiapkan perumusan dan dalam pelaksanaan, pengelolaan, pembinaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan di bidang layanan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

FUNGSI

  1. penyusunan rencana strategis dan rencana kerja dan anggaran Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data;
  2. pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data;
  3. penyusunan perencanaan, pembangunan, pengembangan, penyediaan, penataan dan pemeliharaan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  4. penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan layanan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  5. penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi layanan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  6. menyelenggarakan layanan pengembangan dan penyelenggaraan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  7. fasilitasi pengembangan layanan dan implementasi Government Cloud Computing;
  8. pengkoordinasian, pengoperasian, dan pengendalian infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  9. penyusunan perencanaan konfigurasi dan standarisasi infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  10. pengendalian arus data, perekaman dan penyimpanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Provinsi;
  11. pelaksanaan pengarnanan data, backup data, pemeliharaan dan penyimpanan sistem dan data;
  12. pelaksanaan pengembangan sistem operasi Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  13. pelaksanaan layanan pehingkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  14. pembinaan, pemantauan dan evaluasi pendayagunaan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  15. pelaksanaan layanan recovery data dan informasi;
  16. pelaksanaan layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan;
  17. pelaksanaan audit Teknologi Inforrriasi dan Komunikasi. (TIK); dan
  18. penyusunan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data.

Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data atas 3 seksi yaitu Seksi Fasilitasi dan Optimalisasi Pusat Data, Seksi Pengelolaan Perangkat Pusat Data, Seksi Operasi dan Monitoring Pusat Data.

  1. Seksi Fasilitasi dan Optimalisasi Pusat Data merupakan Satuan Kerja Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data dalam pelaksanaan perencanaan, pengelolaan, pembinaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan serta optimalisasi infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah Daerah.
  2. Seksi Pengelolaan Perangkat Pusat Data merupakan Satuan Kerja Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data dalam pelaksanaan, penyediaan, pengelolaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah Daerah.
  3. Seksi Operasi dan Monitoring Pusat Data merupakan Satuan Kerja Bidang Operasi dan Pengelolaan Pusat Data dalam pelaksanaan pengoperasian, pengendalian, pemantauan, monitoring proses operasi dan produksi Data Center (DC), Disaster Recovery Center (DRC) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah Daerah.