BIDANG INFORMASI PUBLIK

informasipublik

TUGAS POKOK

Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik,. pengelolaan informasi publik dan statistik, serta pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah;

FUNGSI

  1. penyusunan rencana strategis, rencana kerja dan anggaran Bidang Informasi Publik;
  2. pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Bidang Informasi Publik;
  3. penyiapan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaan informasi publik, serta pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah;
  4. pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaan informasi publik, serta pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah;
  5. penyusunan kebijakan, norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaan informasi publik, serta pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah;
  6. pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaan informasi publik, serta pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah; g. pelaksanaan monitoring isu publik di media massa, kliping digital dan analisa pemberitaan media massa;
  7. penyusunan materi dari hasil monitoring pemberitaan media massa sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pimpinan;
  8. pengolahan opini dan aspirasi publik di media massa, serta penyampaian tanggapan dan/ atau klarifikasi atas surat pembaca di media massa;
  9. pemantauan, pengolahan, dan analisa tema informasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Pemerintah Daerah;
  10. pengelolaan informasi program, kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi melalui portal berita resmi Pemerintah Daerah;
  11. pengolahan hasil monitoring dan analisa isu publik serta counter issue melalui pemberitaan pada portal berita resmi Pemerintah Daerah;
  12. pengelolaan informasi program, kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah melalui sms blast;
  13. penghimpunan, pengolahan, pengklasifikasian, pemutakhiran dan penyajian data dan informasi publik dari seluruh SKPD/UKPD Pemerintah Daerah Provinsi melalui portal pelayanan informasi publik;
  14. pelayanan informasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah sebagai pengimplementasian Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik;
  15. pelaksanaan koordinasi dengan instansi/lembaga/SKPD/ UKPD dalam pelayanan informasi publik;
  16. pelaksanaan pembangunan, pengembangan sistem pengelolaan dan pelayanan informasi publik; dan
  17. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Bidang Informasi Publik.

Bidang Informasi Publik terdiri atas 3 seksi yaitu Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Seksi Pelayanan Informasi Publik.

  1. Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik merupakan Satuan Kerja Bidang Informasi Publik dalam pelaksanaan pengelolaan opini dan aspirasi publik.
  2. Seksi Pengelolaan Informasi Publik merupakan Satuan Kerja Bidang Informasi Publik dalam pelaksanaan pengelolaan informasi publik.
  3. Seksi Pelayanan Informasi Publik merupakan Satuan Kerja Bidang Informasi Publik dalam pelaksanaan Pelayanan Informasi Publik.